Kamis, 08 November 2012

Tips Survival Di Hutan


Tips Survival Di hutan

S = Sadari, Sadari diri sendiri.

U = Untung dan rugi ada pada diri sendiri.

R = Rasa takut dan putus asa hilangkan.

V = Vacum, isilah kekosongan.

I = Ingatlah selalu Allah SWT dimanapun anda berada.

V = Viva, hargailah hidupmu.

A = Agama harus ditunaikan.

L = Latih dan belajarlah selalu.



1.
Membuat tempat berlindung . Hal ini sangat penting  untuk melindungi kita dari hujan dan panas. Ada beberapa macam tempat berlindung (bivac) yaitu bivac alam semisal gua, lubang pohon, atau cerukan tanah. Bivac buatan bisa dengan menggunakan ranting pohon dan dedaunan atau menggunakan ponco (jas hujan).


























2.Mencari air dan makanan. Air dan makanan sangat penting dalam menunjang kehidupan kita. Air bisa didapatkan dari sungai, hujan, tumbuhan rambat atau berdaun lebar, dan embun. Jangan sekali-kali mengambil air tergenang di rawa terutama yang berwarna hitam dan kehijau-hijauan. Makanan yang bisa dimakan bisa berasal dari tumbuhan dengan ciri-ciri warnanya tidak mencolok, tidak hidup menyendiri, getahnya tidak berasa gatal, dan dikelilingi binatang. Makanan juga bisa berasal dari binatang misalnya babi hutan, semua jenis unggas terutama telurnya, katak hijau, belalang, cacing sondari, ikan, udang, tikus, biawak, kadal, dan ular. Khusus untuk ular, satu jengkal dari kepala dan buntutnya dibuang.







3.Membuat api . Api berguna dalam memberi penerangan, penghangat tubuh, memasak, menghindari binatang buas, dan penghilang rasa takut. Selain itu api berguna sebagai alat komunikasi (isyarat) dan mempermudah penolong dalam mencari anda.

0 komentar:

Poskan Komentar